LAPORAN PROGRAM TELEVISI SITKOM
LAPORAN
PROGRAM TELEVISI SITKOM
“DIARY SI JONO”
“DIARY SI JONO”
Oleh
:
Aditya Krisnandy (44116110063)
Yulius Haryanto Seran (44116110057)
Pramahesa Satria Astapradja (44116110072)
Arie Suhendro (44116110058)
Muhamad Septiadi (44116110010)
Ari Sanuri (44116110014)
Anggi Setiawan (44116110030)
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2018
Identitas Program
•
JUDUL : DIARY SI JONO
•
JENIS PROGRAM : SITUASI KOMEDI
•
DURASI : 10’
•
JUMLAH EPISODE : REGULAR
•
PROD SITUATION : MULTI CAMERA, TAPPING
•
LOKASI : OUTDOOR DAN INDOOR
DAFTAR ISI
I. IDE DASAR & KONSEP
II. SYNOPSIS
III. TARGET AUDIENCE
IV. FORMAT PROGRAM
V. PENANGGUNG JAWAB PRODUKSI
VI. TREATMENT
VII.
SKENARIO
/ NASKAH
VIII.
PRODUCTION TIMELINE
IX. BUDGET
PRODUCTION
I. IDE DASAR & KONSEP
·
Program
TV Drama Komedi adalah salah satu jenis tayangan yang disenangi masyarakat saat
ini. Bisa kita sebutkan contoh program yang disenangi adalah OK JEK (NET TV),
TETANGGA MASA GITU (NET TV).
·
DIARY
SI JONO adalah program televisi berrjenis drama komedi (sitkom) yang akan
mengangkat kehidupan seorang mahasiswa saat berada di lingkungan kampus. Mengapa
program ini menarik? Karena kehidupan mahasiswa adalah tahap kehidupan yang
bisa dialami oleh siapa saja, baik masyarakat yang sedang menjadi mahasiswa,
masyarakat yang sudah pernah menjadi mahasiswa maupun anak-anak dan remaja yang
akan mengalami tahapan itu dalam proses pendidikannya. Sehingga secara
kedekatan emosional, program ini pasti akan mengena hati banyak pemirsa, dimana
target audience yang kami tuju adalah berusia remaja sampai dewasa.
II.
SYNOPSIS
Jono adalah seorang mahasiswa
berusia 19 tahun yang saat ini menjadi mahasiswa semester satu di kampus
Universitas Mercu Buana Jakarta. Pengalamannya saat baru masuk kampus dan mulai
mengikuti kegiatan Tatap Muka di kelas berisi banyak kejadian lucu, karena
karakternya sebagai mahasiswa yang belum bisa melepaskan kebiasaannya bermain
game online sehingga saat di kampus terutama pada saat kegiatan tatap muka di
kelas pun selalu ada saja tingkahnya untuk bermain game online di telepon
seluler yang dimilikinya. Akibatnya, sering kali Jono terciduk dosen saat
sedang asyik bermain game online. Ia pun memiliki kebiasaan suka mengganggu
teman-teman kelasnya yang sedang serius mengikuti kuliah di kelas.
III. TARGET AUDIENCE
PRIMARY
·
Jenis Kelamin : Wanita dan Pria
·
Umur : remaja, dewasa, orangtua (15-50 thn)
·
Kelas : A, B, C
SECONDARY :
Remaja, dewasa, orangtua.
GEOGRAFI :
Nasional
IV.
FORMAT
PROGRAM
JENIS
•
Sitkom
(situasi komedi)
PRODUCTION SITUATION
•
Camera:
multi camera
•
Tapping.
•
Lokasi
: outdoor (suasana kampus Universitas Mercu Buana Jakarta, kantin kampus,
lorong depan kelas) dan indoor (ruangan kelas)
•
Set
indoor : ruangan kelas yang berisi meja dosen, papa tulis dan kursi2 mahasiswa.
•
Set
outdoor : saat di kantin suasana seperti biasanya banyak mahasiswa sedang
menikmati makan siang dan snack, ada meja dan kursi-kursi di kantin; saat di
lorong kelas seperti biasanya tanpa ditambah property.
V.
PENANGGUNG
JAWAB PRODUKSI
·
Penasehat : Afgiansyah,
S.Sos., M.Comm
·
Produser : Yulius Haryanto
Seran
·
Sutradara :
Arie Suhendro
·
Tata Kostum :
Aditya
Krisnandy
·
Artistik : Pramahesa
·
Camera :
Anggi Setiawan, M. Septiadi
·
Penulis Naskah : Yulius H.S & Ari Sanuri
·
Ide Cerita : Ari Sanuri
·
Tata Suara : Aditya Krisnandy
·
Editor : Ari Sanuri
·
Keuangan : Muhammad
Septiadi
·
Humas : Anggi Setiawan & Muhammad Septiadi
VI.
TREATMENT
Dalam Episode pertama “DIARY SI JONO” ini,
tema yang diangkat adalah GAME ONLINE. Jono yang suka bermain game online di
kelas beberapa kali diciduk dosen sehingga telepon genggamnya disita selama
beberapa hari. Menariknya, Dosen Hendro yang menyita HP Jono ternyata salah
satu pencinta game online. Maka pada akhir cerita, hal yang mengejutkan adlah
ketika si dosen justru mengajak Jono dan Anggi bertanding untuk bermain Game
online Mobile Legend yang sedang hits di masyarakat.
Pesan dari ceerita episode ini sebenarnya
ingin menekankan bahwa bermain game online seharusnya tidak di dalam kelas saat
kuliah, tapi pada saat selesai kuliah dan waktu kosong lainnya. Termasuk hal
itu bisa dilakukan di ruang dosen asal tidak mengganggu proses belajar di kelas.
VII.
SKENARIO
Terlampir (Lampiran 1)
VIII.
PRODUCTION
TIME LINE
Tanggal
|
Waktu
|
Lokasi
|
Aktivitas
|
PRA PRODUKSI
|
|||
30
Oktober 2017
s.d
25
November 2017
|
All
days
|
Rumah
dan kampus
|
Persiapan pembuatan konsep
program, penentuan judul, penulisan skenario, peminjaman kamera dan
perlengkapan syuting dan property lainnya serta peminjaman pemakaian lokasi
ke pihak kampus
|
PRODUKSI
|
|||
25 November 2017
|
09.30 – 10.00
|
Auditorium
|
Persiapan briefing untuk shoot
adegan
|
10.00 – 10.50
|
Ruang kelas
E 303
|
Shoot adegan
|
|
11.00 – 12.00
|
Kantin
|
Shoot adegan
|
|
12 januari 2018
|
10.00 – 10.30
|
Kampus
|
Persipan alat shooting
|
10.30 – 11.00
|
Lingkungan kampus
|
Shoot adegan
|
|
11.00 – 12.00
|
Kelas editing
|
Shoot adegan
|
|
PASCA PRODUKSI
|
|||
25
November 2017
s.d
12
januari 2018
|
All days
|
Rumah
|
Editing (offline dan online)
|
12
Januari 2018
s.d
15
Januari 2018
|
All days
|
Rumah
|
Editing (offline & online)
|
IX.
BUDGET PRODUKSI
Terlampir
(lampiran 2)
Komentar
Posting Komentar