CONTOH PROPOSAL PROGRAM TELEVISI SITKOM

PROPOSAL  PROGRAM  TELEVISI SITKOM
“DIARY SI JONO”






Oleh  :
Aditya Krisnandy (44116110063)
Yulius Haryanto Seran (44116110057)
Pramahesa Satria Astapradja (44116110072)
Arie Suhendro (44116110058)
Muhamad Septiadi (44116110010)
Ari Sanuri (44116110014)
Anggi Setiawan (44116110030)


UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA
2017



Identitas  Program
      JUDUL : DIARY SI JONO
      JENIS PROGRAM : SITUASI KOMEDI
      DURASI : 15’
      JUMLAH EPISODE : REGULAR
      PROD SITUATION : MULTI CAMERA, TAPPING
      LOKASI : OUTDOOR DAN INDOOR















DAFTAR ISI


      I.    LATAR BELAKANG 
    II.    SYNOPSIS
   III.    TUJUAN
  IV.    TARGET AUDIENCE
   V.    DISTRIBUSI
  VI.    PENANGGUNG JAWAB PRODUKSI
 VII.    PROYEKSI BIAYA
VIII.    SPONSORSHIP
  IX.    SEGMENTASI



















I.  LATAR BELAKANG 
·         Program TV Drama Komedi adalah salah satu jenis tayangan yang disenangi masyarakat saat ini. Bisa kita sebutkan contoh program yang disenangi adalah OK JEK (NET), TETANGGA MASA GITU (NET).
·         DIARY SI JONO akan kami hadirkan sebagai salah satu program televisi yang dapat dinikmati oleh pemirsa. Berjenis drama komedi yang akan mengangkat kehidupan seorang mahasiswa. Program ini juga dikemas dengan teknik pengambilan gambar dan editing yang menarik sehingga dapat menyentuh hati penonton sekaligus menghibur.

II.              SYNOPSIS
·         Jono adalah seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang saat ini menjadi mahasiswa baru di sebuah kampus. Pengalamannya saat baru masuk kampus dan mulai mengikuti kegiatan Tatap Muka di kelas berisi banyak kejadian lucu untuk disimak tapi sarat dengan nilai.
·         Dalam Episode pertama “SI JONO” ini akan ditampilkan banyak kejadian lucu saat ia baru mulai memasuki kompleks kampus, berinteraksi dengan mahasiswa lainnya, dosen sampai dengan security dan Cleaning Service.
·         Karakterisasi: pembawaan Jono lucu, lugu, agak lemot, dengan penampilan jadul.

II.  TUJUAN
·         Program ini dibuat sebagai tugas matakuliah Program Televisi Non Berita di Universitas Mercu Buana Jakarta
·         Program ini juga diharapkan untuk dapat memberi manfaat berupa inspirasi dan edukasi.
·         Program ini juga diharapkan untuk dapat menghibur penonton.





III.  TARGET AUDIENCE
PRIMARY
1.    Jenis Kelamin        :  Wanita dan Pria
2.    Umur                        remaja, dewasa, orangtua (15-50 thn)
3.    Kelas                        :  A, B, C
SECONDARY                                : Remaja, dewasa, orangtua.
GEOGRAFI                                     : Nasional

IV.  DISTRIBUSI
PRIMARY
         Televisi (NET TV)
SECONDARY
         Youtube, facebook, jaringan.

V.  PENANGGUNG JAWAB PRODUKSI
·         Penasehat                                : Afgiansyah, S.Sos., M.Comm
·         Pemimpin Produksi                 : Arie Suhendro
·         Wakil                                          : Yulius H.S
·         Produser Eksekutif                  : Aditya
·         Produser                                   : Arie Suhendro
·         Tata Kostum                              : Ari Sanuri
·         Tata Artistik                                : Ari Sanuri
·         Tata Sinematografi                  : Pramahesa
·         Penulis Naskah                       : Yulius H.S & Ari Sanuri
·         Ide Cerita dan Sutradara        : Pramahesa
·         Tata Musik                                 : Anggi Setiawan
·         Editor                                         : Muhammad Septiadi, Ari Sanuri
·         Keuangan                                 : Muhammad Septiadi
·         Humas                                       : Anggi Setiawan & Muhammad Septiadi


VI.  PROGRAM KERJA
1.    PRA PRODUKSI     
·         Dilaksanakan s/d tanggal 30 oktober 2017
                                             
2.    PRODUKSI              
·         Shooting Day                     : tanggal 15 oktober 2017 s/d 30 november 2017
·         Lokasi shooting                : Kampus Universitas Mercu Buana Jakarta             
·         Elemen Visual                   : materi shot.
3.    PASCA PRODUKSI
·         Editing (logging, offline, online) dilaksanakan mulai 30 November 2017
·         Target rilis tanggal 15 desember 2017


VII.  PROYEKSI BIAYA
·         Biaya Pra Produksi Rp 500.000
·         Biaya Produksi Rp 500.000
·         Post Produksi Rp 500.000
·         Total Rp 1.500.000

Rincian:
NO
ITEM
BUDGET
PRA PRODUKSI
1
RISET
-
2
SCRIPTING
-
3
EQUIPMENT:
CAMERA
(MINJAM DI KAMPUS)
CAMERA DSLR
(MINJAM DI TEMAN)
LIGHTING & CAMERA ACCECCORIES
-
TRIPOD & MICRO SD
-
4
TALENT,  ART DEPARTMENT,  LOCATION
MAIN TALENT
RP 200.000
SUPPORTING
RP 200.000
BELANJA ART & PROPERTY
RP 100.000
LOKASI KAMPUS
-
NO
ITEM
BUDGET
PRODUKSI
1
TRANSPORTATION CREW
2
KONSUMSI:
BIAYA MAKAN & MINUM TALENT & CREW & SNACK
RP 500.000
3
AUDIO, MUSIC & VOICE OVER:
-
STUDIO DUBBING
-
DUBBER
-
POST PRODUCTION
1
DIGITIZE
2
EDITING OFFLINE & ONLINE
RP 200.000
3
ANIMATION & COMPUTER GRAPHICS
RP 200.000
4
OUT PUT : FLASHDISK
RP 100.000
TOTAL
RP 1.500.000

     

VIII.  SPONSORSHIP
·         Semua kategori sponsor yang berhubungan dengan produk orang: remaja, dewasa dan orangtua.
·         Potensial sponsor: kampus Universitas Mercu Buana Jakarta.                 



IX.  SEGMENTASI

NO
VISUAL
AUDIO
1
BUMPER IN
BUMPER IN
2
ESTABLISH GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS MERCUBUANA DAN AKTIVITAS MAHASISWA JALAN KELUAR KAMPUS
BACKSOUND
3
JUDUL
BACKSOUND
4
ADEGAN-ADEGAN LUCU JONO SEBAGAI MAHASISWA BARU (MASUK NANYA SECURITY / CLEANING SERVICE, KENALAN DENGAN TEMAN, MENGIKUTI MOS, DLL)
5
COMMERCIAL BREAK
6
ADEGAN-ADEGAN LUCU JONO MENGIKUTI TATAP MUKA DI KELAS (PERKENALAN DI KELAS, NGANTUK, RIBUT DILEMPAR DOSEN DENGAN SPIDOL, DLL)
7
COMMERCIAL BREAK
8
ADEGAN-ADEGAN LUCU JONO SAAT ISTIRAHAT
( MAKAN DI KANTIN, INTERAKSI DENGAN TEMAN2)
9
CLOSING GRAPHIC DAN CREDIT TITLE
BACKSOUND
10
GRAPHIC THANKS TO DAN BUMPER OUT
BACKSOUND



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Fenomenologis dalam Teori Komunikasi

TEORI INTERPRETIF