LAPORAN PROGRAM TELEVISI SITKOM

LAPORAN  PROGRAM  TELEVISI SITKOM
“DIARY SI JONO”






Oleh  :
Aditya Krisnandy (44116110063)
Yulius Haryanto Seran (44116110057)
Pramahesa Satria Astapradja (44116110072)
Arie Suhendro (44116110058)
Muhamad Septiadi (44116110010)
Ari Sanuri (44116110014)
Anggi Setiawan (44116110030)


UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA
2018



Identitas  Program
      JUDUL                     : DIARY SI JONO
      JENIS PROGRAM   : SITUASI KOMEDI
      DURASI                   : 10’
      JUMLAH EPISODE : REGULAR
      PROD SITUATION   : MULTI CAMERA, TAPPING
      LOKASI                    : OUTDOOR DAN INDOOR















DAFTAR ISI


      I.    IDE DASAR & KONSEP
    II.    SYNOPSIS
   III.    TARGET AUDIENCE
  IV.    FORMAT PROGRAM
   V.    PENANGGUNG JAWAB PRODUKSI
  VI.    TREATMENT
 VII.    SKENARIO / NASKAH
VIII.    PRODUCTION TIMELINE
  IX.    BUDGET PRODUCTION



















I.  IDE DASAR & KONSEP
·         Program TV Drama Komedi adalah salah satu jenis tayangan yang disenangi masyarakat saat ini. Bisa kita sebutkan contoh program yang disenangi adalah OK JEK (NET TV), TETANGGA MASA GITU (NET TV).
·         DIARY SI JONO adalah program televisi berrjenis drama komedi (sitkom) yang akan mengangkat kehidupan seorang mahasiswa saat berada di lingkungan kampus. Mengapa program ini menarik? Karena kehidupan mahasiswa adalah tahap kehidupan yang bisa dialami oleh siapa saja, baik masyarakat yang sedang menjadi mahasiswa, masyarakat yang sudah pernah menjadi mahasiswa maupun anak-anak dan remaja yang akan mengalami tahapan itu dalam proses pendidikannya. Sehingga secara kedekatan emosional, program ini pasti akan mengena hati banyak pemirsa, dimana target audience yang kami tuju adalah berusia remaja sampai dewasa.

II.              SYNOPSIS
Jono adalah seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang saat ini menjadi mahasiswa semester satu di kampus Universitas Mercu Buana Jakarta. Pengalamannya saat baru masuk kampus dan mulai mengikuti kegiatan Tatap Muka di kelas berisi banyak kejadian lucu, karena karakternya sebagai mahasiswa yang belum bisa melepaskan kebiasaannya bermain game online sehingga saat di kampus terutama pada saat kegiatan tatap muka di kelas pun selalu ada saja tingkahnya untuk bermain game online di telepon seluler yang dimilikinya. Akibatnya, sering kali Jono terciduk dosen saat sedang asyik bermain game online. Ia pun memiliki kebiasaan suka mengganggu teman-teman kelasnya yang sedang serius mengikuti kuliah di kelas.

   III.    TARGET AUDIENCE
PRIMARY
·         Jenis Kelamin        :  Wanita dan Pria
·         Umur                        remaja, dewasa, orangtua (15-50 thn)
·         Kelas                        :  A, B, C
SECONDARY                                : Remaja, dewasa, orangtua.
GEOGRAFI                                     : Nasional

IV.          FORMAT PROGRAM

JENIS
         Sitkom (situasi komedi)

PRODUCTION SITUATION
         Camera: multi camera
         Tapping.
         Lokasi : outdoor (suasana kampus Universitas Mercu Buana Jakarta, kantin kampus, lorong depan kelas) dan indoor (ruangan kelas)
         Set indoor : ruangan kelas yang berisi meja dosen, papa tulis dan kursi2 mahasiswa.
         Set outdoor : saat di kantin suasana seperti biasanya banyak mahasiswa sedang menikmati makan siang dan snack, ada meja dan kursi-kursi di kantin; saat di lorong kelas seperti biasanya tanpa ditambah property.


V.          PENANGGUNG JAWAB PRODUKSI
·         Penasehat                                : Afgiansyah, S.Sos., M.Comm
·         Produser                                   : Yulius Haryanto Seran
·         Sutradara                                                 : Arie Suhendro
·         Tata Kostum                              : Aditya Krisnandy
·         Artistik                                       : Pramahesa
·         Camera                                      : Anggi Setiawan, M. Septiadi
·         Penulis Naskah                       : Yulius H.S & Ari Sanuri
·         Ide Cerita                                   : Ari Sanuri
·         Tata Suara                                 : Aditya Krisnandy
·         Editor                                         : Ari Sanuri
·         Keuangan                                 : Muhammad Septiadi
·         Humas                                       : Anggi Setiawan & Muhammad Septiadi


VI.          TREATMENT
Dalam Episode pertama “DIARY SI JONO” ini, tema yang diangkat adalah GAME ONLINE. Jono yang suka bermain game online di kelas beberapa kali diciduk dosen sehingga telepon genggamnya disita selama beberapa hari. Menariknya, Dosen Hendro yang menyita HP Jono ternyata salah satu pencinta game online. Maka pada akhir cerita, hal yang mengejutkan adlah ketika si dosen justru mengajak Jono dan Anggi bertanding untuk bermain Game online Mobile Legend yang sedang hits di masyarakat.  
Pesan dari ceerita episode ini sebenarnya ingin menekankan bahwa bermain game online seharusnya tidak di dalam kelas saat kuliah, tapi pada saat selesai kuliah dan waktu kosong lainnya. Termasuk hal itu bisa dilakukan di ruang dosen asal tidak mengganggu proses belajar di kelas.

VII.          SKENARIO
Terlampir (Lampiran 1)

VIII.          PRODUCTION TIME LINE
     
Tanggal
Waktu
Lokasi
Aktivitas

PRA PRODUKSI

30 Oktober 2017
s.d
25 November 2017
All days
Rumah dan kampus
Persiapan pembuatan konsep program, penentuan judul, penulisan skenario, peminjaman kamera dan perlengkapan syuting dan property lainnya serta peminjaman pemakaian lokasi ke pihak kampus

PRODUKSI

25 November 2017
09.30 – 10.00
Auditorium
Persiapan briefing untuk shoot adegan
10.00 – 10.50
Ruang kelas
E 303
Shoot adegan
11.00 – 12.00
Kantin
Shoot adegan
12 januari 2018
10.00 – 10.30
Kampus
Persipan alat shooting
10.30 – 11.00
Lingkungan kampus
Shoot adegan
11.00 – 12.00
Kelas editing
Shoot adegan

PASCA PRODUKSI

25 November 2017
s.d
12 januari 2018
All days
Rumah
Editing (offline dan online)
12 Januari 2018
s.d
15 Januari 2018
All days
Rumah
Editing (offline & online)


IX.          BUDGET PRODUKSI

Terlampir (lampiran 2) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Fenomenologis dalam Teori Komunikasi

TEORI INTERPRETIF