Contoh Naskah Film Pendek






Salah
Written by
Aryanto Seran





ACT 1
1.1 (Int. Day) seorang karyawan pria sedang mengerjakan tugasnya di pabrik dengan teliti. Operator (cewek) melihatnya dari jauh selama beberapa saat. Karyawan pria lainnya melihat tingkah si operator cewek yang suka mencuri pandang itu.
1.2 Ext. Kantin/warung kecil. Para karyawan sedang beristirahat dan minum kopi sambil ngerokok.
Karyawan pria 1 (K1)
Cieeee.......(batuk2)
Karyawan pria 2 (K2):
Knapa? Keselek lo?
K1:
Cie ciee...kayaknya ada yg suka curi pandang terus nih sama kamu
K2:
Siapa?
K1:
Ada dehhhh....
K2:
Sialann.....

CUT TO

1.3 Int. Ruang kerja operator cewek. Terdapat setangkai bunga segar diatas meja, dengan ikatan pita dan tulisan : KEEP SMILING
Operator cewek masuk ke ruangan dan melihat bunga itu lalu terkejut.
VO OP:
Hemmm...tumben nih. Ada angin segar apa?? Umur2 baru kali ini dapat bunga seromantis ini. Tapi cowok siapa yahhh yg naruh tuh bunga?
(mengambil setangkai bunga itu lalu menciumnya, terlihat ia tersenyum dan bahagia.bunga itu lalu dimasukin ke tas)
Tiba2 masuk pimpinannya yang pria. Cukup tampan.
Pimpinan (P) :
Eh, tadi udah aku simpen di atas meja kamu yahh.
Operator cewek:
(kaget2 senang gimana gitu) wahh....(gugup) benaran nih bapak yang baruh?
P:
Iya. Mang knapa??
OP:
Gak apa2. Makasih yah pakk.
(pimpinan keluar lagi, si operator senyum2 sendiri)

CUT TO:

ACT 2
2.1. INT. Si operator sedang berjalan menyusuri sebuah lorong di dalam pabrik. Tampak karyawan (k2) sedang menekuni pekerjaannya. Si operator kembali melirik dari kejauhan. Tiba2, ketahuan si karyawan dan sempat bengong pas bertatapan.

CUT TO:

2.2 Int. Mushola. Si operator cewek sholat.
VO OP:
Ya Allah, jika ia memang jodohku, dekatkanlah ya allah... karena engkau  tahu ya allah, jiwa ini sudah gersang bagai padang gurun tanpa oase. Lama nian jiwa ini bagai musafir yang mencari kesejukan dari hati seorang pria, namun belumlah kutemukan sosok yang membawa kesejukan itu ya allah..

CUT TO:

2.3. INT. PABRIK
K2:
Eh si ini kok ngelihatin gue tadi?
K1:
Tuhh kan tadi jg gue bilang apa? Ada deh yg suka ngelihatin elo hari2 ini. Tanya knapa? Aukhhhhh....


CUT TO:

2.4 Int. Ruangan kerja operator cewek.
Si operator gak konsen mengerjakan tugasnya, sesekali dikeluarkan bunga dari tas. Tiba2 pimpinannya yang tampan lewat di depan. Buru2 ia masukin bunga ke tas. Memandang pimpinannya sampai hilang dari pandangan.

CUT TO:

2.4 Ext. Depan pabrik. Si operator cewek sedang menunggu angkot untuk pulang. Munncul karyawan2 bawa motor dan menawarkan untuk pulang bareng. Si operator cewek mau. (boncengan dan pergi)

OP:
Eh tp gue lapar banget nih. Melipir makan dulu bentar yahh. Pleaseeeeee
K2:
Iya deh. Buat lo apa sih yang gak bisa?
(pergi)

CUT TO:

2.5. Int/ext. Suasana tempat makan. Sambil makan.
OP:
Eh gue mau ngomong nih boleh gakk?
K2
(ekspresi deg2an) VO: wah kayaknya nih dia mau mancing nih. Gue emang suka sama loo..tp gimana yah cara ngungkapinya? Aduh deg2an nihhh
OP:
Oiiii....bengong aje
K2:
(kaget) eh iya...mau ngomongin apa sih?
OP:
Jadi gini, selama ini gue perhatiin dari semua karyawan, ternyata yg kerjaannya paling rapih itu ada satu orang.
K2:
Siapa?
OP:
Itu dia, pak...(pimpinan) nugasin gue buat manau nih karyawan2. Dan selama ini gue diam-diam suka ngelihatin lo lg kerja krna mau ngasih laporan ke pak... yah semoga secepatnya di-acc yah biar kamu dipromosiin gajinya.
K2:
(ekspresi senang tapi kecewa jg)
VO K2:
yahhhhhh kirain. Gue udah Ge Er kalo dia suka amA ague, ternyata ini diaa alasan dia diam2 selama ini merhatiin gue.

CUT TO:



ACT 3
3.1 Int. Pagi. Di kamar tidur. Operator cewek terbangun karena bunyi telepon. Pas ngelihatnya kaget krn pimpinannya yang tampan yg menelponnya.
OP:
Asalamualakium pak selamt pagi....(deg2an)
PIMPINAN:
Halo selamat pagi. Baru bangun yah?
OP:
Iya nih pak (VO: wah dia kok romantic juga yah bangunin pagi2. Enak nihhhh)
P:
Haloo......
OP:
(kaget) eh iya pak....bagaimana>?
P:
Itu kerjaan yg kemarin gue kasih udah diselesaiin belum?
OP:
Kerjaan apa?
P:
Itu loh map yang aku taruh di atas meja kamu. Data klien yang apply buat order 3 lusin produk furniture kita. Aku minta tolong kamu crosscheck aja sih....
OP:
(melongo) ohhhh...jadi bukan bunga itu?
P:
Bunga apaan?
OP:
Eh gak ding, pak. Wah maaf pak belum sempat, aku janji akan aku selesaikan pagi ini juga.
P:
Ya udah, buruan yah. Soalnya kliennya minta cepat direspon.
OP:
Oke. Siap pakkkk

VO OP:
Yahhhhhhhh......udah GE ER aja gue. Kirain pak...yg ngasih bunga. Apesss deh. Ini namanya cinta bertepuk sebelah tangan. Eh salah ding...rasa suka yang tertukar.

CUT TO:

3.3. INT. Ruangan kerja operator cewek. Ada map yang dikasih pak... ada juga bunga segar yang baru di atas meja, dengan pita dan tulisan : KEEP SMILING AND LET YOUR DAY BE COLORFUL.
CUT TO:
(close up: memo dari pimpinan kantor yang ditujukan kepada Office Boy untuk menaruh bunga di tiap ruangan kerja karyawan setiap hari, supaya para karyawan dapat berkeja dengan senyum dan mengawali pekerjaannya dengan semangat.)


====END====

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Fenomenologis dalam Teori Komunikasi

TEORI INTERPRETIF