contoh penulisan skenario program sitkom

Cerita dan Skenario
Aryanto Seran & Ari Sanuri
DIARY SI JONO

TRADE MARK “DIARY SI JONO”

MAIN TITLE


1. MONTAGE
Adegan-adegan Jono diciduk dosen saat asyik bermain game online. Diisi backsound yang lucu.
1.1. INT. KELAS PAGI/SIANG
[Jono, Anggi, mahasiswa lain di kelas dan dosen]
Gambar dibuka dengan suasana mahasiswa sedang kuliah di dalam kelas. Ada yang sedang serius mengerjakan tugas, ada yang sedang membaca. Dosen duduk di depan. Jono yang duduk paling belakang bengong mau ngapain akhirnya Cuma mengganggu mahasiswa lainnya. Ia melempar kertas ke kepala ke mahasiswa lainnya dan mengorek tangan salah satu mahasiswa yang sedang serius baca. Tiba-tiba ketahuan dosen dan Jono kena lempar penghapus.
FREEZE & DISOLVE TO
Masih di dalam kelas, Jono bengong mau ngapain karena teman-teman pada serius. Akhirnya main game online Mobile Legend. Sedang asyik-asyiknya main game tiba-tiba sudah muncul dosen di sampingnya. Muka Jono bengong aja saat dosen menyita HP nya.
FREEZE & DISOLVE TO

Masih di dalam kelas saat kuliah telah selesai Jono menghampiri dosen untuk meminta maaf dan mengambil kembali HP nya tapi dosen malah pergi dengan pesan bahwa HP Jono disita untuk sementara. Jono hanya bengong sambil melihat kepergian dosen.

FREEZE & DISOLVE TO


1.2. EXT. KANTIN – SIANG
[Jono, Anggi]
Anggi sedang menikmati gorengan sambil minum es teh manis. Tiba-tiba muncul Jono yang kelihatan bengong dan emosi.
ANGGI: kenapa lo jon?
JONO: HP gue diambil (nada emosi dan tak puas, gorengan Anggi diambil gitu aja)
ANGGI: bengong aja lihat tingkah jono yg makan dan pergi gitu aja

(saat anggi mau makan lagi, tiba-tiba muncu l lagi jono dan membawa pergi semua gorengan. Anggi hanya bengong)
FREEZE  & DISOLVE TO
2.1. EXT. KAMPUS KEESOKAN HARI/SIANG
[Jono & Anggi]
Jono dan anggi bertemu di lorong kampus depan kelas matakuliah editing. Anggi dikagetin Jono
ANGGI : dari mana aj lo?
JONO: bawah lah. Eh skrng dosennya siapa yahh?
ANGGI: Lah kan kita mahasiswa baru. Mana gua tau???
JONO: oh iya…masukk yukkk
DISOLVE TO:
2.2. INT. KELAS SIANG
[Jono & Anggi]
Keduanya masuk kelas duduk bersebelahan. Masuk dosen ternyata pak hendro yang menyita HP Jono. Jono langsung menepuk dahi kaget dan gak seneng. --- CUT TO:
JONO: gue bete nih.
ANGGI: main game lah. Nih gue punya.
JONO: gantian yah
(keduanya main game online di HP sambil ngumpet2 agar tidak ketahuan dosen)
DISOLVE TO:
2.3. INT. KELAS SIANG
[Jono, Anggi & Dosen]
Tiba-tiba aja dosen sudah duduk di samping Jono yang asyik main game. Jono hanya memasang muka salah tingkah dan takut HP disita lagi. Dosen ambil HP dan meminta Jono ikut ke ruangan dosen.
Anggi ternyata ditutup mulutnya dengan lagban dan tergeletak di lantai.
Jono mengikuti dosen keluar dari kelas.
FREEZE
&
DISOLVE TO
3. INT. RUANG DOSEN SIANG
[Dosen, Jono & Anggi]
Dosen menyuruh Jono dan Anggi duduk.
DOSEN: duduk disini. Tunggu sebentar (keluar lagi)
JONO: (marah2 ke Anggi) ahhhh….lu sihh ketahuan deh
ANGGI: kok guee..lo lagi yang main gak liat dosen.

(Keduanya berdebat mempermasalahkan siapa yang salah karena tidak mengawasi dosen
AZIZ (OS) Bangsat lu! Lu kira gua percaya aja sama omongan lu!
Muncul dosen memberikan lagi HP milik Jono dan Anggi. Keduanya bengong.
DOSEN: kalian masih mau main game?
JONO & ANGGI: masih dong pakk
DOSEN: kalau gitu ID mobile legend kalian apa (sambil mengeluarkan HP dan menyalakan Mobile legend…. Jono dan Anggi gak percaya)

DISOLVE TO
Jono, Anggi dan dosen bertanding main mobile legend. Dosennya senang banget karena menang sampai teriak2 dan lompat. Jono dan Anggi hanya bengong.

CREDIT TITLE
FREEZE & DISOLVE TO


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Fenomenologis dalam Teori Komunikasi

TEORI INTERPRETIF